Alasan Seseorang Tidak Membeli Suatu Produk yang Anda Jual

November 19, 2009 · Posted in Ulasan 

Lama ga nulis tentang dunia internet marketing. Kali ini saya akan coba bahas mengenai alasan mengapa seseorang tidak membeli suatu produk berupa barang atau jasa yang kita miliki. Setelah saya baca-baca dari salah satu buku marketing yang saya miliki ternyata banyak faktor dan alasan mengapa seseorang tak mau membeli apa yang kita jual. Apa saja sih alasan seseorang tidak membeli suatu produk yang kita jual ? Yuk kita bahas bareng ;) .

  • Point pertama adalah Harga

Percaya atau tidak, yang pertama kali diliat oleh para konsumen dalam membeli suatu produk berupa barang atau jasa adalah harga. Kalau kita tidak pandai-pandai dalam menetapkan harga serta segmen masyarakat yang kita bidik, pasti barang atau produk yang kita jual ga akan laku sama sekali :D . Contohnya saja begini, kamu jual ebook seharga Rp. 75.000 , tapi yang ditawarin adalah seorang penjaga warnet yang gaji per bulannya adalah Rp. 200.000 misalnya :D . Harga Rp. 75.000 kan terasa berat sekali, beda lagi kalo nawarinnya sama seorang pegawai yang gajinya Rp. 2.000.000 misalnya. Jadi harga disini berperan penting dalam suatu barang, jasa dan produk yang anda jual.

  • Point Kedua adalah Kualitas Produk

Kualitas produk sangat penting daripada kuantitasnya. Kita gambarkan saja bagaimana jika sebuah perusahaan A membuat sebuah deterjen. Lalu ia memproduksi deterjen tersebut sampai 30.000 KG. Padahal jika perusahaan B membuat deterjen dengan komposisi yang sama, hanya jadi 20.000 KG saja. Perusahaan A benar dari sisi kuantitasnya jauh lebih banyak, tapi setelah dilepas di pasaran, kualitas deterjen masih bagus yang B. Jelas dong masyarakat memilih deterjen dari perusahaan B karena bisa nyuci pakaian lebih bersih daripada deterjen yang milik perusahaan A :D . Nah oleh karena itu, apabila kita menawarkan sebuah produk berupa barang atau jasa, lebih baik kualitas dulu deh daripada kuantitasnya ;) . Karena masyarakat saat ini lebih cerdas dalam memilih.

  • Point ketiga adalah Para Pembeli Yang masih setia pada produk lama

Point ketiga ini agak sulit. Letak kesulitannya adalah dimana tugas anda sebagai seorang marketing harus meyakinkan masyarakat yang sudah percaya produk lama dan enggan beralih pada produk anda yang baru. Hmmm….tapi sebenarnya anda bisa paling tidak mengimbangi produk lama tersebut, walaupun belom bisa menang :D . Caranya memakai penggabungan antara point kedua dan point pertama. Jadi yang saya maksud dengan kualitas terbaik tapi anda harganya jauh lebih murah dengan produk yang sudah lama ada. Hmmm tahu kan yang saya maksud dalam point ketiga ini ? pasti tahu deh :P

  • Point keempat adalah Produk yang anda jual sudah dapat gosip miring dari konsumen yang pernah membelinya.

Untuk point keempat ini kita hanya bisa menghindari dan membuat produk dengan kualitas sebaik mungkin agar para pembeli dan pemakai jasa produk yang kita miliki tidak kecewa hingga mereka sampai menceritakan pada masyarakat yang lainnya :D .

Nah itu 4 point yang bisa saya bahas mengenai mengapa seseorang tidak membeli produk yang kita jual. Selamat mempraktekkannya saja pada bisnis yang anda geluti sekarang. Sukses aja ;) . Kalo kurang bisa ditambahi kok :D .

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge