Arti Sebuah Nama dalam Bisnis

August 18, 2008 · Posted in Ulasan 

Mungkin bagi kamu arti sebuah nama tidaklah begitu penting dan saya yakin kamu ga pernah mempermasalahkan arti sebuah nama kamu yang diberikan oleh orang tuamu. Contonya saja adalah sebagai berikut :

Jika ada cewek yang kamu suka dan namanya kebetulan itu jelek banget Jariyem saja lah contohnya (moga-moga ga ada yang punya nama ini). Meskipun namanya bisa dibilang ga tenar dan tidak terlalu populer di telinga masyarakat kalo ternyata dia cewek cantik, dan baik hati sekaligus sesuai dengan selera kamu. Nikah pun pasti kamu bilang “ya ayo”. Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa nantinya di kartu undangannya umpama saja nama kamu Michael lalu nikah sama mbak jariyem, hal itu gak bakalan jadi masalah bagi kamu.

Kasus tersebut bakalan beda lagi jika di dunia yang namanya bisnis. Di dunia bisnis nama sangat amat diperlukan dan hal yang sangat vital. Istilah nama ini kalau di dunia bisnis sering disebut branding, brand atau merk. Dengan kamu memiliki Merk, label branding yang bagus apapun yang kamu kerjakan, omongkan dan segala tindak tanduk anda bakalan dipercaya orang, perusahaan ataupun organisasi. Nah kita bakalan diskusi soal bagaimana “membangun sebuah kepercayaan publik” terhadap brand atau merk kamu.

Branding diibaratkan jika kamu bicara A maka orang lain pun ikut bicara A. Aura seseorang atau perusahaan yang sudah memiliki label, branding atau merk yang kuat, meskipun banyak pesaing baru yang muncul dan mencoba menggoyahkannya tapi dominasi ia tak juga goyah. Namun Merk yang kamu miliki bisa saja hancur dan luntur dimakan waktu jika saat awalnya bagus tapi lama kelamaan makin ga profesional dalam pelayanan dan terjadi penurunan kualitas barang atau jasa yang kamu jual.

Nah bagaimana sebenarnya membangun brand atau merk yang kuat itu ? Yang jelas pertama adalah Memiliki suatu keunggulan dan bukti-bukti keunggulan anda harus ada. Setelah kamu memiliki keunggulan daripada yang lainnya, kedua yang harus kamu bangun adalah komunitas, pertemanan atau jaringan pergaulan yang luas. Dengan jaringan teman yang luas, apapun yang jadi kesulitan kamu bakalan ada solusinya. Selain itu dengan jaringan teman yang luas, kamu juga bisa secara tidak langsung bisa prospek mereka jika ada produk baru. Ketiga untuk memperkuat branding adalah kamu memiliki pasar yang siap untuk membeli atau menerima produk yang kamu tawarkan. Dengan pasar yang sudah siap, tinggal kamu keluarkan produk yang kamu miliki, maka pasar bakalan siap membeli apa yang kamu jual tersebut. Keempat untuk memperkuat branding kamu, maka kamu harus peka terhadap produk yang ditawarkan orang lain atau perusahaan lain yang memiliki usaha sejenis dengan kamu. Jadi kalau perusahaan A bikin produk baru dan mutakhir, maka kamu harus bisa paling tidak menyamai atau lebih baik lagi jika bisa lebih dari produk mereka. Kelima untuk memperkuat branding maka kamu harus giat cari informasi dan sebuah inovasi baru, jika tidak maka siap-siap kamu harus tergeser oleh perusahaan baru yang lebih memiliki inovasi baru dalam bisnis yang kamu geluti sekarang. Keenam untuk memperkuat branding kamu, maka kamu harus terus meningkatkan layanan kepada konsumen. Ketujuh dan terakhir untuk memperkuat branding kamu maka kamu coba minta pendapat serta saran dan kritik pada konsumen yang telah memakai produk kamu. Jika memang puas, maka minta bantuan mereka untuk merekomendasikan produk anda ke orang lain. Jadikan konsumen kamu adalah teman anda. Hargai mereka dengan sebaik-baiknya. Maka yang akan terjadi pada konsumen anda adalah ” Saya Puas……Saya Puas…..Saya Puas” .

Nah bagaimana sekarang, sudah cukup jelas kan arti sebuah nama dalam bisnis ? tak peduli di bisnis internet ataupun bisnis offline. Nama besar, branding, merk atau label sangat amat diperhitungkan oleh konsumen sebelum mengkonsumsi suatu produk dari seorang produsen. Meskipun membuat branding yang kuat itu susah dan sulit, tapi jika kamu usaha dengan sangat keras, bukan tidak mungkin dalam waktu sekejap bisa menguasai pasar. Tinggal bagaimana daya kreatifitas kamu sebagai seorang yang membawa nama kamu sendiri. Kalo saya sih cukup bawa bayu mukti kemana-mana :D . Sekarang mau kamu bawa kemana nama kamu ? terserah kamu ke pasar boleh, ke mall boleh, pokoknya terserah kamu saja lah :D . Walah jadi ga nyambung nih.

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge