Berbisnis Online di Internet Tak ada Bedanya dengan Bekerja di Dunia Nyata

August 24, 2008 · Posted in Kisah Inspirasi 

Seringkali ada pertanyaan aneh tentang jam kerja saya di internet. Mungkin kamu salah satunya yang bertanya kepada saya tentang jam kerja saya di internet. Sebenarnya kalau mau digambarkan yang namanya cari duit itu sama saja, mau di internet atau di kantor ya tetep kadang susah kadang juga gampang. Analoginya mudah saja kok. Semakin anda giat bekerja maka hasilnya pun akan semakin banyak. Kata-kata itu berlaku untuk semua jenis pekerjaan meskipun hasilnya nanti akan berbeda. Contohnya saja seorang tukang becak dan seorang pegawai kantor. Kalau tukang becak kerja giat siang malam dan banyak yang naik becaknya maka hasilnya akan banyak dibanding tukang becak yang kerjanya cuman tidur-tiduran. Begitu juga seorang pegawai dikantor. Kalau dia suka nglembur di kantor maka bakalan dapat bonus dari bosnya dan duit pun mengalir deras. Meskipun tak bisa dipungkiri antara ngelembur si pegawai kantoran dan ngelemburnya tukang becak hasilnya tentu pasti lebih banyak pegawai kantoran. Tapi proses untuk mendapatkan hasil yang banyak itu pasti dengan cara yang sama yaitu “Kerja Keras”.

Dari 2 kisah tersebut tak berbeda jauh dengan bekerja online di internet. Blogger yang jam kerja ngeblognya lebih banyaklah yang akan mendapatkan hasil lebih daripada blogger yang cuman malas-malasan. Kalo kamu berpikir blogger yang sukses kerjanya cuman tiap hari menghitung-hitung duit dan earning itu salah besar. Mereka sebagian besar berpikir apa yang akan saya perbuat dengan blog saya untuk hari ini, apa yang akan perbuat untuk blog saya besok. Entah itu mereka update content, atau memberikan sebuah pembaharuan dalam blog ataupun situsnya.

Mungkin yang mengira saya hanya bekerja 1-2 jam sehari itu salah besar sekali.  Lalu kerja saya tinggal nongkrong, enak-enakan ngopi, shopping di mall dan senang-senang lalu earning datang sendiri dan mengisi penuh rekening tabungan saya. Kalau ada kerja yang seperti itu, saya jamin saya pasti lebih baik tidak usah berbisnis internet dan memilih pensiun ngeblog aja. Lah gimana lagi, pada kenyataannya kerja saya selama ini 7-10 jam. Dibilang gampang juga tidak, dibilang susah mungkin kadang-kadang.

Mungkin bagi blogger-blogger semacam Cosa Aranda, BrokenCode, Baladika, Dexno, Balivisual dan lain-lain yang merupakan senior-senior saya gak mungkin kalau jam kerja mereka 1-2 jam sehari saja bisa sukses seperti sekarang ini. Berpikirlah secara jernih dalam menganalisa suatu kasus. Pikirkan dengan logika saja, jika bisnis internet semudah itu pasti saya bisa beli rumah 5 dengan harga ratusan milliar :P . Toh nyatanya beli sepeda motor aja masih harus nunggu kumpulin 5 cek dulu :P . Jika masih ga percaya dengan jam kerja saya 7-10 jam silakan ditanyakan kawan-kawan saya di madiun ada Mas Iwan, Mbahmul, Mas Eko, Mas Wawan, dan Nugie yang tahu bagaimana sehari-hari saya yang menghabiskan waktu untuk terus berguru dan mencari ilmu di internet ini :) .

Artikel diatas tersebut hanya untuk memverifikasi kepada seorang teman di Yahoo Messenger yang baru saja kenal kemaren. Ia mengira saya hanya kerja 1-2 jam sehari. Bahkan ia ingin segera berhenti dari pekerjaan kantornya karena ia berpikir bahwa terlalu mudahnya yang namanya bisnis internet itu :D . Mari kita buka mata dan buka hati kita. Bisnis Internet memerlukan sebuah keahlian khusus yang tidak semua orang memilikinya. Untuk memiliki keahlian itu perlu proses yang cukup lama dan tidak mungkin hanya 1 hari, atau 1 minggu saja. Tapi bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tinggal bagaimana cara kamu menyerap, menerapkan dan mengemasnya dengan cara yang kamu miliki. Sukses Terus Buat Kamu Semua :) . Semangatttssss !!!

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge