Blog dan Website = Supermarket, Swalayan, Mall

September 4, 2008 · Posted in Bisnis Internet, Kisah Inspirasi 

Seperti yang pernah saya bilang dahulu bahwa bisnis internet itu tidak ada bedanya dengan dunia offline atau dunia nyata. Bahkan kalo saya ibaratkan blog atau pun website adalah sebuah swalayan atau plasa atau mall atau supermarket :D . Lah kok bisa sih ? Ya bisa lah ya bisa dong. Keduanya ini kan sama-sama bertujuan 1 yaitu menjual produk kepada pengunjung cuman beda ladang saja, kalo swalayan, mall atau supermarket ladangnya adalah dunia nyata sedangkan blog atau website ladangnya adalah dunia maya. Nah agar terjual produknya, mall, swalayan, supermarket dan website atau blog yang diperlukan adalah seorang pengunjung atau visitor (halah sama aja). Coba kamu bayangkan saja, ada sebuah high supermarket tingkatnya 20, tapi pengunjung seharinya cuman 50 orang dan tidak ada peningkatan sama sekali :( saya berani taruhan kalo ga ada 1 tahun aja supermarket itu bakalan gulung tikar. Beda lagi ceritanya kalo ada supermarket yang cuman 4 tingkat tapi sehari pengunjungnya 10.000 orang. Saya yakin dari 10 ribu tadi paling tidak 100-1000 orang bakalan ada yang beli barang di supermarket itu. Begitu juga dengan blog dan website. Mau apa dikata, trafik, visitor, pengunjung dll adalah penentu laku tidaknya produk yang kita jual. Kalau di supermarket kita ketemu sama sayur mayur, roti, es krim atau bahkan menjual spg cantiknya (halah) di blog dan website pun bisa jual itu loh. Mari kita analisa bareng yukkkk

Kita bayangkan saja Iklan PPC seperti kliksaya, adsense dll itu adalah sebuah barang dagangan. Sedangkan blog kita adalah supermarketnya :D . Analoginya juga kayak tadi :D kalo blog cuman pengunjung 50 orangan per hari yah jangan terlalu ngarep kalo ada klik yang buaaaanyaaaak dari pengunjung kamu. Dikarenakan dari 50 orang pengunjung tadi juga belom tentu klik kan ? Sama aja kayak kita kalo ke mall atau supermarket. Kita datang aja kayaknya keren, dandanan necis. Eh ternyata cuman cuci mata :P  (la dompet aja ga bawa, gimana mau beli barang). Blog juga gitu kok, ga semua pengunjung harus klik atau beli iklan kita. Ada yang cuman ingin komentar, atau hanya sekedar cuci mata sapa tahu ada postingan yang bening dan memberi manfaat bagi pengunjung tadi. Kita ga bisa memaksa mereka untuk beli dagangan kita yaitu berupa klik iklan atau jualan banner :D . Umpama saja boleh maksa, saya udah kaya dari dulu =)) la semua pengunjung blog ini beli banner saya kok :p . Jadi yang perlu kamu pelajari bagaimana mempopulerkan blog kamu entah pada para blogger ataupun trafik dari search engine.

Lalu blog yang seperti apakah yang rame trafiknya ? Blog bisnis internet ? blog informasi ? atau blog bayumukti ? halah sama aja :D . Yang rame adalah blog yang campur aduk dan gado-gado. Loh katanya dulu harus setopik bang ubay ? weleh-weleh kalo setopik itu kan cuman memperkokoh SEO kita dalam salah satu keyword. Hmmmm…….untuk lebih mudahnya analoginya gini aja :D . Saya tanya sama kamu deh. Mall sama toko besi, toko roti, atau toko pakaian rame mana ??? kalo jawabannya rame toko roti, toko besi dan toko pakaian saya boleh dikasih tahu dong tokonya dimana dan hebat sekali marketing toko itu kalo bisa lebih rame dari MALL :D . Yang jelas jawaban yang logis adalah rame MALL. Kok rame mall dik bayu ??? lah mall itu kan terdiri dari banyak toko. Tiga Toko yang saya sebutkan diatas seperti toko besi, roti dan juga pakaian ada didalam mall juga meskipun kadang kurang lengkap. Tapi kan ada. Inilah nilai tambah dari Mall dan alasan mengapa mall pengunjungnya lebih banyak dari toko yang kebanyakan jualannya adalah 1 jenis barang.

Dari cerita diatas tentunya bisa kamu pahami dong bagaimana blog yang rame itu. Blog yang rame biasanya sepertinya malah seperti mall alias campur aduk :D meskipun dalam hal SEO pemilik blog tersebut harus kerja lebih keras lagi :) . Bahkan blog-blog para master yang 4 digit kebanyakan juga campur aduk meskipun bahasan utamanya adalah gadgets dan komputer. Nyatanya setelah dicari Link Populernya adalah “Hot Wallpapers gallery”, hot gallery, Free themes, dan topik-topik yang terkadang ga ada hubungannya :D . Jadi artinya disini adalah semakin luas pengetahuanmu dan semakin luas jangkauan artikel yang kamu tulis, semakin banyak orang yang tahu dan mengerti keberadaan blogmu. Tapi semua kembali kepada kamu :D , ingin jadi kayak MALL yang megah dan banyak pengunjung berseliweran meskipun ga beli produknya (Prosentase pengunjung mall beli barang adalah kira-kira 60% ) , atau toko yang sedikit pengunjungnya tapi kesempatan membeli mereka hampir 90% . Kalo sampe ke toko ga beli dan cuman jalan-jalan itu aneh sekali :P , la wong toko itu sempit kok mau jalan-jalan. atau malah Cuci mata ? cuci mata pake apa ?? pake besi ?? Hahahahahaha.

Semoga dengan artikel ini kamu semakin tahu bagaimana sebenarnya menggali pendapatan dari internet. Kalau bisa mempelajari bagaimana sebenarnya seluk beluk kehidupan di dunia nyata secara teliti, tak beda jauh kok sama dunia maya ini :) . Sukses selalu yah, semoga ilmu yang cuman sedikit ini bisa dipahami dan menjadi bekal kamu mencari pendapatan di Internet :) .

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge