Cara Belajar Bisnis Internet Online

August 7, 2008 · Posted in Ulasan 

Seperti janji saya, yang akan memaparkan mengapa “belajar bisnis internet” secara otodidak saat ini agak sulit. Dalam artikel ini nanti bukan mau menyinggung dan menyudutkan siapa pun. Tapi ini realita yang terjadi saat ini. Jadi artikel ini just my opinion saja. Tidak ingin menyungging dan menyentil siapa pun. Kita awali artikel ini dengan sedikit cerita-cerita lagi dan flashback ke 1 tahun lalu saat saya masih belajar :D .

1 tahun yang lalu saat saya baru “belajar bisnis online di internet” dengan cara cuman baca-baca beberapa Blog Tutorial Bisnis Internet, ikutan forum adsense, tanya para master lewat Yahoo Messenger dan cara terakhir adalah Search istilah-istilah yang belom saya ketahui di Search Engine Google atau Yahoo. 1 tahun lalu belum seperti sekarang ini, Tempat les adsense bertebaran dimana-mana, Seminar Bisnis Internet yang ramai, ada pelatihan bisnis online, Ebook bisnis online yang diperjual belikan bebas dan malah lebih mirip seperti bisnis MLM. Teringat juga teman-teman sekaligus guru saya diwaktu itu yaitu mas arhan (ngajari cara ngeblog) dan pak kumpul (Teknik nembak keyword SEO). Sementara untuk Blog yang sering saya baca, pilihan saya jatuh pada Cosa Aranda. Meskipun banyak Blog-blog bisnis internet yang berseliweran disana sini (masih dikit tapi) tapi tetap blog mas cosa yang sampai sekarang masih jadi salah satu sumber belajar bisnis internet saya. Keadaan sekarang ini berbeda hampir 75 derajat dari 1 tahun yang lalu saat saya mulai belajar. Tahun ini banyak para blogger baru yang ingin mempelajari bisnis internet merasa kebingungan dan pusing dengan belajar secara otodidak mengenai bisnis internet. Fenomena apakah yang sebenarnya terjadi pada bisnis internet era 2008 ini ?

Jika saya amati mengapa belajar secara otodidak atau belajar sendiri atau belajar gratis makin susah di era 2008 ini dikarenakan faktor-faktor berikut ini :

1. Makin Banyaknya Master Bisnis Internet Online saat ini membuat para pemain baru dalam bisnis internet alias Newbie kayak saya :) bingung memilih mana dulu yang harus dibaca dan langsung dipraktekkan.

2. Perbedaan Pendapat Antara Master A yang bilang A dan Master B yang selalu bilang B. Hal ini membuat saya dan juga anda bingung, mau ikutin Master A atau Master B.

3. Tiap kali search kata-kata yang berhubungan dengan Bisnis Internet dan Bisnis Online kebanyakan hasil Search nya masuk kedalam website jual beli ebook bisnis online atau kursusan bisnis internet yang harganya selangit dan belum dijamin sukses jika ikut itu.

4. Sering baca tapi kurang dalam praktek. Ini juga merupakan penghambat kesuksesan anda dalam berbisnis internet dikarenakan lebih banyak bacanya daripada anda praktek apa yang dituliskan oleh para master bisnis online.

5. Malas membaca artikel yang panjang. Saat master lagi nulis tutorial bisnis online yang panjang, biasanya para newbie kayak saya ini males baca :D dan cuman baca sekilas saja. Akhirnya ilmu kita juga gitu :D sekilas saja akan hilang ditelan bumi :D .

6. Menganggap bisnis internet itu Susah. Anggapan bahwa bisnis internet itu susah jangan sampai tertanam dalam diri anda (soalnya bakalan susah beneran). Anggap saja hal ini mudah. Asal anda mau berusaha dan mau mencobanya dijamin ga ada yang namanya susah.

7. Selalu berpikir tentang pendapatan, earning dan uang yang saya dapatkan dari internet nantinya berapa ? (Tapi hal ini wajar juga sih :D toh orang mana sekarang ga doyan ama duit :P . Tapi dengan anda cari ilmu dulu, masalah duit akan gampang dicari kok :) ) Strategi ini salah besar dan salah kaprah, harusnya anda pikirkan Pemahaman SEO saya sampe dimana, cara update blog saya udah bagus belom, pengunjung nyaman ga sama blog saya yang kayak gini dan berbagai trik dan tips untuk mempercepat blog anda terkenal.

8. Tidak paham dengan bahasa para master yang sulit dimengerti karena bahasa tingkat tinggi.

9. Tidak mau mencari dalam search engine jika sedang tidak tahu tentang suatu hal. Kemalasan ini juga jadi faktor penghambat anda sukses.

10. Memiliki beberapa blog acuan untuk tempat belajar bisnis online. Padahal aliran Master A dan B dan C berbeda. Sehingga kita dibuat pusing mau pilih mana, dikarenakan pendapat tiap master berseberangan.

11.Tidak Fokus dan seringkali konsentrasi kita bercabang-cabang.

12. Kurang sabar dan tergesa-gesa dalam berbisnis.

Nah setelah tahu bagaimana susahnya belajar internet di era 2008 ini, saya coba berikan sedikit solusi yang mungkin bisa membantu anda walaupun hanya sedikit.

1. Pilih 3-5 master yang dipake sebagai acuannya atau kalau ternyata mereka memberikan tips yang berbeda kepada kita semua para newbie ini, sebaiknya coba pahami bahasa master tersebut. Bahasa yang lebih dimengerti oleh anda itulah yang sebaiknya sebagai acuan anda. Kalau bahasanya saja udah ga tahu :D gimana mempraktekkan tips mereka :) .

2. Jangan Mudah terpancing oleh produk yang menjual mimpi selangit. Mending cari produk yang benar-benar direkomendasikan oleh teman-teman yang sudah beli produk itu.

3. Perbanyak Action alias praktek. Selesai baca secara tuntas dan paham silahkan langsung praktek. jangan menunda besok atau lusa tapi Sekarang JUGA.

4. Jangan malas yang namanya baca. Baca sampai tuntas, jangan cuman sekelumit saja. Karena kalo sekelumit berarti anda harus terima Earning Sekelumit juga :P .

5. Jangan pikirkan Pendapatan dan Earning dulu tapi cari ilmu sebanyak mungkin terlebih dahulu baru bicara soal earning dan duit.

6. Rajin cari sesuatu yang tidak anda tahu lewat Search Engine.

7. Hilangkan anggapan cari duit lewat internet itu susah. Dalam hukum alam apa yang anda pikirkan akan jadi kenyataan :D . Kalo anggapan anda lewat internet cari duit gampang ya yang terjadi akan gampang beneran. Begitu juga sebaliknya, kalo bilang susah ya susah beneran :D .

8. Fokus pada bisnis yang sudah sedikit memberikan hasil. Boleh belajar yang lain tapi jangan tinggalkan bisnis internet yang memang sudah jadi keahlian anda.

9. Ikut Pelatihan bisnis online.

Mungkin itu saja beberapa ulasan entah menarik atau tidak tentang belajar bisnis internet atau online di era sekarang ini. Mulai faktor-faktor penghambat dan cara mengatasinya sudah saya share. Kalo ada yang kurang, silakan anda share disini. :D Ok akhirnya selesai juga. Terima kasih jika pengen tahu langkah-langkah belajar bisnis internet untuk pemula klik disini.

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge