Internet Marketing dan Seo

March 5, 2008 · Posted in Bisnis Internet, Seo 

Mungkin banyak sekali yang mengira bahwa kalo sudah bisa seo berarti bisa Internet Marketing. Kebanyakan orang mengira seperti itu. Meskipun Seo dan Internet marketing bagaikan kakak beradik yang tidak bisa dipisahkan tapi mereka ini kalo dipisahkan akan terjadi sebuah perbedaan. Apa sih perbedaan Seorang Internet Marketing Dan Seorang Search Engine Marketing Mania ???

Kalo menurut apa yang saya tahu tentang Internet Marketing, Internet Marketing itu sendiri adalah suatu cara memasarkan produk anda di Internet agar produk yang anda jual di Internet itu laris manis kayak kacang. Kenapa harus kacang ? Saya sendiri juga ga tahu kenapa harus memakai perumpamaan kacang. Tanya saja pada mas cosa yang juga memakai istilah “Monyet Biru“. Oke kita serius lagi dan kembali ke laptop. Nah kalo SEO (Search Engine Optimization) atau SEM (Search Engine Marketing) adalah suatu teknik Internet Marketing lewat Search engine. Yah gampangannya adalah umpama anda mau jual Kacamata di Internet lewat media toko online anda, maka anda jika ingin laku jualan anda maka di Search engine semacam Google, Yahoo atau MSN anda harus menghuni halaman 1.

Lalu apa nih perbedaan search engine optimization dan Internet marketing ? Dalam dunia seo pada era saat ini, yang saya liat dan saya amati adalah semakin banyaknya para ahli seo yang berdatangan, dikarenakan semakin banyaknya yang mendapatkan ilmu dari para pakar seo. Tapi kebanyakan dari para ahli nembak keyword dan ahli seo ini memanfaatkan ilmu seo mereka (termasuk saya nih) untuk sekedar meramaikan blog atau websitenya. Jadi disini Meskipun SEO atau SEM termasuk sebuah Teknik Internet Marketing tapi jika pemakaian SEO ini tidak sesuai pada tempatnya maka yang ada “kita tersohor tapi kita tekor“.

Nah kalo sekarang kita akan bahas soal internet marketing. Kita kembali pada pengertian Internet Marketing itu sendiri, diatas saya sudah coba jelaskan bahwa internet marketing adalah suatu cara memasarkan produk anda lewat internet agar laris manis. Jadi disinilah terjadi perbedaan yang sangat mencolok antara orang yang bisa internet marketing dengan orang yang cuman bisa search engine marketing. Jikalau anda seorang Internet Marketing pasti tahu apa yang namanya SEO. Tapi seorang SEO mania belum tentu berhasil dalam penjualan sebuah produknya seperti seorang Internet marketing. Jadi anda mau jadi apa sekarang terserah anda ? Mau jadi seorang Internet Marketing yang jualannya laris manis ? atau jadi seorang Seo Mania ?

Hal diatas hanya sebuah pendapat saya pribadi. Jadi jika ada seorang yang lebih mumpuni dalam seluk beluk dunia Internet Marketing dan Seo, apabila ada kesalahan penulisan dan pemahaman saya tentang dunia internet marketing dan seo, Saya mohon maaf. Semoga Sukses Semua dan Jayalah Indonesiaku.

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge