Keluar dari Sebuah Persaingan

November 21, 2009 · Posted in Ulasan 

Persaingan dalam sebuah bisnis merupakan sebuah hal yang sudah biasa, karena akan kita temui disetiap kita melakukan sebuah bisnis. Entah itu bisnis kecil-kecilan ataupun bisnis dalam skala besar. Lalu apa maksud dari judul artikel diatas “Keluar Dari Sebuah Persaingan”. Keluar dari persaingan bukan berarti anda dalam berbisnis tidak ada saingannya sama sekali. Tapi yang dimaksudkan disini adalah bagaimana kita bisa meminimalisir sebuah persaingan terbuka, dengan kompetitor kita. Dikarenakan terkadang dalam sebuah persaingan antar kompetitor, apabila kita sebagai kompetitor tidak memiliki modal yang kuat, maka yang ada sebelum kita bersaing malah kolap terlebih dahulu bisnis yang kita geluti :D . Contohnya saja di kota madiun yang saya tempati saat ini. Ada sebuah tempat ditengah kota-kota madiun yang sangat strategis untuk membangun sebuah warnet. Dikarenakan tempat ini, kalo saya ga salah hitung ada 5-7 Sekolah Menengah keatas atau SMA. Kita sebut saja tempat tadi tempat A.

Awal mulanya dulu ada 1 warnet (warnet A) yang ada di tempat A tersebut. Jaman saya masih sekolah dulu sih buanyak banget pengunjungnya di warnet A ini. Sampai-sampai setiap kali saya kesana selalu menolak puluhan orang. Mengetahui keadaan tersebut, akhirnya timbullah warnet B, dan ga tanggung-tanggung lo warnet B ini, dia bangun nyewa tempatnya pas disamping warnet A. Selain itu promosinya juga ga tanggung-tanggung, dalam jangka waktu 1 minggu, semua pengunjung warnet B tersebut diberi gratisan main internet maksimal 5 jam. Wow…..enak….tapi sayang, setiap kali saya mau main gratis di warnet B tersebut, saya pasti kehabisan tempat :)) . Pemilik warnet A ini sangat gerah dengan adanya promo dari warnet B. Pengunjung yang biasanya main di warnet A berpindah ke warnet B, warnet A selama ada promo dari warnet B, para pengunjungnya hanyalah buangan orang-orang yang ingin main internet gratis di warnet B. Akhirnya si Pemilik warnet A ini menunggu saat yang tepat untuk membalas promo dari warnet B. Saat seminggu telah berlalu, si warnet B akhirnya memasang tarif seperti biasa yaitu Rp. 2500 / jam. Tapi tiba-tiba saja si warnet A ini mengadakan promo untuk membalas warnet B dengan memberi paket 3 jam Rp. 5000. Langsung saja warnet B seketika sunyi senyap hanya menunggu pengunjung yang tak tertampung dari warnet A. Persaingan kedua warnet ini terus menerus berlangsung dan akhirnya muncul sebuah warnet C namun letaknya berjauhan dari warnet A dan B tadi. Awal mula muncul, si warnet C juga tidak banting-bantingan harga, karena setelah saya coba ke warnet C, ternyata dengan harga yang sesuai pasaran, ia memberi fasilitas lengkap. Kalo warnet A dan warnet B saling bersaing dengan harga sehingga lupa akan kualitas mereka, warnet c berani pasang harga stanadr tapi untuk kualitas warnet C jauh lebih baik 3 kali lipat dibanding warnet a dan b, kalo menurut saya :D . Meskipun tanpa banting harga jor-joran, saya amati warnet C juga ramai, meskipun dari segi tempat masih strategis warnet a dan b, selain itu harga juga lebih murah warnet A dan B. Warnet C juga memilih tempat agak dibelakang bukan didepan bareng warnet A dan warnet B, tapi toh nyatanya ramainya juga ga kalah dengan warnet A dan warnet B.

Itu tadi contoh cerita bagaimana pemilik warnet C yang meminimalisir persaingan dengan para kompetitornya. Meskipun para kompetitornya tempatnya ada didepan dan harganya jauh lebih murah, tapi warnet C ini lebih memilih tempat dibelakang dan harganya juga stabil pada harga pasaran, namun meskipun begitu pengunjungnya juga ga kalah banyak dengan 2 kompetitornya.

Nah kalo dalam dunia blog sih juga dapat digambarkan, jika pada suatu topik tertentu sudah terlalu banyak saingannya, kenapa kita ga coba pada topik yang sedikit saingannya tapi kita dapat merajainya :D . Tapi jangan lupa, kalo topik yang sedikit saingannya sudah merajai, saatnya kita untuk mencoba bersaing dengan yang persaingan skala besar. Hal ini untuk mengasah kemampuan kita. Tanpa adanya persaingan, kita tidak akan bisa mengukur seberapa berhasil usaha yang telah kita jalankan :D .

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge