Kepribadian Fleksibel dan Kepribadian Bunglon

October 11, 2007 · Posted in Kisah Inspirasi 

Kita sering kali salah mengartikan kata fleksibel itu berubah-ubah dan tidak sesuai dengan pendirian. Tapi sebenarnya hal itu salah besar kok. Kalo kepribadian Fleksibel itu suatu kepribadian yang bisa menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan, waktu dan tempat. Tapi kita sering kali salah mengartikan kepribadian fleksibel ini sebagai kepribadian bunglon. Kenapa disebut kepribadian bunglon ?? Jawabnya karena bunglon bisa berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak sepenggal cerita berikut.

“Ada seorang pengusaha bernama Pak X yang mendapatkan banyak sekali masalah di kantornya. Saat sampai di rumah beliau di sambut oleh keluarganya. Saat masih di mobil Pak X tadi diajak mainan mobil-mobilan dengan anaknya. Dan di dalam mobil tadi Pak X dan anaknya main mobil-mobilan.”Ngeng….ngeng….ngeng” kata pak X untuk menghibur anaknya. Setelah itu pak X turun dari mobil dan bersalaman dengan istrinya dan menciumnya. Sesampainya di rumah di meja makan ada mertua dari Pak X dan pak X tadi menyalaminya dan memberikan hormat kepada mertuanya tadi”.

Dalam cerita tersebut sosok Pak X memiliki 3 kepribadian yaitu Pak X yang bersifat kekanak-kanakan,Pak X yang bersifat menjadi seorang suami dan Pak X yang bersifat menghargai dan menghormati orang tua. Inilah yang saya maksud dengan Pribadi yang fleksibel dan memang diperlukan dalam hidup kita sehari-hari khususnya untuk kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga. Tapi kebanyakan orang mengira dan tidak mau memiliki kepribadian fleksibel yang mereka kira dan pikir kepribadian fleksibel itu menghancurkan prinsip mereka dan plin plan dalam hidup. Itu salah besar. Mungkin kepribadian yang anda maksud plin plan itu adalah kepribadian bunglon. Kepribadian fleksibel adalah suatu kepribadian yang berubah karena dituntut keadaan tanpa harus merubah prinsip hidup anda. Sedangkan Kepribadian Bunglon adalah suatu kepribadian Plin plan dan tidak sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran dan pribadi anda masing. Kita review saja kisah berikut :

Suatu ketika ada karyawan yang menjelek-jelekkan atasannya saat atasannya belom datang. Tapi saat atasannya lewat di depannya ia berkata “Pak belum pernah ada atasan yang sebaik bapak di kantor ini, atasan di kantor ini dari saya kerja sampai sekarang adalah bapak”. Nah itulah yang namanya kepribadian bunglon yang acap kali antara mulut dan hati tidak sama. Sekarang terserah anda mau memiliki kepribadian yang Fleksibel ato Kepribadian Bunglon ???

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge