Kepuasan Terbesar Dalam Hidup itu apa sih ?

March 25, 2008 · Posted in Kisah Inspirasi 

Iseng-iseng baca-baca buku tentang motivasi hidup milik pakdhe saya yang kayaknya udah usang banget bahkan sampulnya dedel duel alias robek semua tanpa sampul dan bukunya itu kertasnya kertas buram yang sangat begitu buram. Di dalam buku tersebut membahas tentang apa kepuasan terbesar dalam hidup ini. Kepuasan dalam hidup ini dalam buku itu bukanlah puas menjadi orang kaya. Bahkan dalam buku itu, membahas kalo jadi orang kaya itu belum tentu ada sebuah kepuasan. Mengapa kok gitu ? karena kepuasan itu sendiri bukan dari harta benda yang dimiliki namun kekayaan yang sesungguhnya adalah lebih tepatnya ada pada hati anda. Disitu dijelaskan bagaimana peranan hati yang sesungguhnya. Meskipun buku itu usang dan tidak berjudul, dan yang pasti tulisan “yang” jadi “jang” dalam buku tersebut, tapi motivasi yang ada disitu sungguh tidak dapat saya lupakan. Kita kembali lagi pada kekayaan harta benda tidak berarti tanpa ada yang namanya kepuasan. Di dalam buku itu bahkan sudah diramalkan bagaimana manusia indonesia akan hidup di masa sekarang. Dituliskan bahwa “suatu saat manusia-manusia yang kaya akan merasa miskin dan ingin hartanya lebih dan terus lebih dari yang dimilikinya sekarang, bahkan mereka akan melakukan apa saja untuk bisa mendapatkannya”. Kalo saya pikir-pikir sekarang ini emang gitu keadaannya. Hebat juga buku bisa ngeramal keadaan Indonesia di masa depan.

Hmmm…..saya terus baca-baca artikel inspirasi dan motivasi tersebut dan ternyata contoh-contoh nyatanya pun sangat amat konkret dan nyata. Si penulis buku menuliskan dimana dia mempunyai seorang tetangga yang berprofesi tukang becak dan istrinya adalah seorang pembantu rumah tangga. Ia merasa kagum terhadap keluarga si abang becak ini. Dimana dia dan istri anaknya tidak pernah terlihat ribut entah itu soal makan, bayar spp, bayar tagihan listrik tiap bulan ato ribut soal kekurangan uang, padahal si tukang becak ini bayarannya sehari cuman 1000 rupiah sehari sedangkan istrinya tiap bulan upahnya hanya 3000 rupiah ( ga tahu deh ini tahun berapa ). Tapi dalam kehidupan keluarga-Nya ini bisa dikatakan harmonis. Bahkan saat ditanya si penulis masalah “mengapa keluarganya bisa harmonis padahal kaya nggak, uang banyak juga enggak ? lalu rahasianya apa pak ?” Lalu si tukang becak ini mengatakan “Saya sudah merasa kaya kok, memang bukan kaya dalam bentuk uang tapi saya kaya karena memiliki istri yang baik dan anak yang nurut dengan saya. Kalo masalah uang itu mudah dicari kok”. Lalu si penulis yang bertanya ini pun terheran-heran dengan jawaban si tukang becak ini. “Loh, apakah bapak bisa mendapatkan kepuasan hanya dengan itu saja ? “Kepuasan terbesar dalam hidup ini adalah dapat melakukan suatu hal yang dikatakan oleh orang lain, bahwa kita tidak dapat melakukan hal itu” jawab si tukang becak. Stop sampai disini dulu ceritanya karena panjang banget saya capek nulisnya. Inti dari cerita dan penjelasan panjang lebar itu adalah yang saya kasih warna merah itu.

Kalo saya sih puas sekali dapat menghibur para pengunjung blog ini. Selain itu saya puas bisa menjadi bocah yang mandiri tidak terlalu tergantung sama orang tua:) meskipun saya bocah paling dudulz di sekolah ;)). Nah gimana dengan kepuasan anda sendiri ?? asal jangan kepuasan yang ini aja;)).

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge