Komunikasi dengan Para Pelanggan Syarat Mutlak Agar Bisnis Semakin Maju

January 9, 2010 · Posted in Tips dan Trik 

Mau sukses berbisnis internet ? Judul diatas termasuk salah satu penentu bagi anda yang mau sukses dalam bisnis di dunia maya ini. Saya ga berbicara tentang bisnis-bisnis dimana kita masih jadi seorang pekerja. Tapi saya sedang berbicara tentang bagaimana sukses berbisnis internet dengan kita menjadi seorang leader atau owner :D . Contohnya bisnis internet yang menjadi pekerja apa sih ? sebagai publisher di google adsense, paid review di blogvertise, sponsor review, dll yang jelas anda statusnya adalah publisher :D . Trus kalo bisnis yang menjadikan kita seorang owner itu apa saja ?? Yah gampang :D , seperti Kukuh TW dengan kumpulbloggernya :D . Cosa aranda dengan Panduan dasarnya, Joko Susilo dengan Formula bisnisnya meskipun banyak kontroversi, tapi ia patut dikatakan seorang owner dan leader atas bisnis yang ia bangun di dunia maya :D . Kalo saya sendiri apa ? saya ada di 2 dunia :)) , masih cari modal dengan menjadi seorang publisher, tapi tetap terus berusaha mengembangkan sebuah bisnis internet yang saya jadi ownernya sendiri :D . Sementara ini yang sudah terlihat hasilnya baru Jual Beli Space Iklan di blog ini :D . Tapi disitu saya sudah bisa merasa bagaimana rasa tanggung jawab sebagai owner/leader.

Komunikasi adalah sebuah aset penting dalam sebuah bisnis. Para customer/pelanggan akan kecewa bilamana tidak terjadi komunikasi yang baik dengan si penjual. Rata-rata sifat para pelanggan di internet yang pernah saya temui adalah mereka selalu ingin secepatnya-cepatnya untuk mendapatkan jasa yang mereka beli dari saya :D . Padahal pernah suatu ketika, saat saya lagi didalam kendaraan dan pergi berlibur ke luar kota, eh si pelanggan udah transfer uang dan pengen segera iklan bannernya terpasang di blog ini. Mau tidak mau yah harus mampir ke warnet dan masangin banner pelanggan tadi.

Selain kejadian itu, masih ada sebuah kejadian yang menurut saya merupakan pelajaran berharga bagi saya. Sedikit cerita yah :D . Saat saya masih pake HP – HP jadul jaman baheula, disitu tidak ada yang namanya fasilitas push e-mail. Jadi umpama mau liat ada seseorang yang mau iklan harus buka email lewat komputer. Sedangkan saya kadang-kadang udah buka komputer dan internetan saja males banget buka email :)) . Jadi dalam pelayanan emang sedikit lebih lambat :D . Banyak komplain kepada saya mengenai hal ini :( . Keterlambatan komunikasi dengan para pelanggan iklan inilah yang terkadang menjadikan para pengiklan atau pelanggan saya kabur. Akhirnya untuk memperlancar komunikasi dengan para pelanggan, saya beli Blackberry saja :D . Push E-mailnya benar-benar mantap deh Smart Phone yang satu itu :D . Itu sekedar cerita bagaimana perlunya sebuah komunikasi antara penjual dan pembeli.

Untuk masalah seperti diatas, sepertinya bukan saya saja yang bakalan dapat komplain kalo layanan komunikasinya jelek, tetapi siapa saja pebisnis entah itu online atau offline, kalau udah susah komunikasinya pasti deh yang namanya customer atau pelanggan bakalan kabur :D . Jadi berkomunikasilah dengan baik dengan para pelanggan atau customer anda :D . Dijamin deh bakalan laris manis barang yang anda jual nanti ;) .

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge