Lindungi Blog Anda dari tukang Kopi Paste tak Punya aturan

February 20, 2008 · Posted in Ulasan 

Tulisan Dari : Bayu Mukti

Sudah saatnya anda melindungi konten anda dari tukang copy paste yang nakal dan tidak pernah memberikan backlink pada sumber aslinya. Saya tidak menuduh siapa pun, yah pokoknya yang merasa Copy Paste Blog ini saja semoga sadar. Seandainya saja sampai blog anda di copy paste dan blog yang copas tadi membisniskan blognya lebih baik anda mulai berpikir untuk menuntut mereka. Copy paste boleh tapi paling tidak kita menjaga kesopanan kita. Kita harus menghargai penulisnya yang sudah susah-susah nulis dan mencari berita. Jadi jika anda copy paste web/blog siapapun lebih baik dan lebih sopan jika anda menampilkan sumbernya. Bahkan kabar terbaru dikatakan bahwa perlindungan konten blog akan sudah disahkan. Ini beritanya :

Teknologi internet yang berkembang menimbulkan gaya hidup baru termasuk dalam pengembangan konten. Namun sayang, banyak pengembang konten termasuk blog yang belum tahu bahwa karyanya dilindungi undang-undang bila dikomersilkan.

Menurut Andi Noorsaman Sommeng, Dirjen HaKI Departemen Hukum dan HAM, keuntungan dari mengembangkan konten di internet memang bisa berpromosi secara gratis. Meski begitu, pencipta bisa saja menuntut pihak yang mengkomersilkan orang konten buatannya.

“Yang hak-nya diambil mereka bisa menindak, tapi kalau pencipta tidak mau menuntut ya tidak apa-apa,” ujarnya, di sela Simposium Asia Pasifik World Intelectual Property Organization yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

Hak tersebut dilindungi dalam UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta, yang ancaman maksimalnya denda Rp 5 miliar dan penjara sebulan. “Jadi begitu ada publikasi, tanpa harus mendaftar ke Depkumham perlindungannya sudah ada,” imbuh Andi.

Sumber : DetikInet

 Jika semakin banyak duplikat dari website anda tanpa adanya backlink ke website anda, hal ini akan sangat berpengaruh pada seo dari website atau blog anda. Mulai sekarang Mari kita lindungi Konten kita dengan cara kita sendiri-sendiri. Kalo perlu laporkan saja, karena denda 5 milliar itu tidak sedikit. Ok tetaplah ngeblog selalu. Tuliskan apa yang terjadi padamu, di sekitarmu, dan semua kisah hidupmu pada hari ini di Blogmu. Mari Ngeblog danMari kita Hilangkan Budaya Copy Paste Blog orang tanpa sopan santun.

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge