Link atau Tautan Yang Nilainya Kurang dalam SEO

September 8, 2011 · Posted in Seo 

Mungkin sudah lama sekali blog yang satu ini tidak saya update beritanya dan saya tulisi coretan tangan saya. Nah mumpung saya lagi mood corat coret blog tercinta saya ini, kali ini saya akan membahas soal link atau tautan yang nilainya kurang dalam SEO. Kurang disini bukan berarti tidak ada nilainya, tetapi kurang disini adalah bagaimana yang seharusnya mendapat nilai 100, hanya karena kesalahan kecil, nilai link atau tautan tersebut bisa berkurang nilainya menjadi 40 :D .

Nilai nilai tersebut sebenarnya tidak ada kepastian dari google, itu hanyalah ilmu perabaan dari saya saja :P . Langsung aja pada titik masalahnya yaitu beberapa hal yang membuat google mengurangi nilai link kita.

1. Terdapatnya atribut no follow pada link kita.

Contohnya adalah sebagai berikut : <a href=”http://www.webkamu.com” rel=”nofollow”>Kata kunci</a>

dari contoh diatas, kalau pengen nilai link kita penuh sebenarnya sangat mudah dan simpel, kata rel=”nofollow” hilangkan saja dari format link diatas. Robot google sudah pasti menganggap link kamu sebagai do follow yang nilainya jauh lebih bagus.

2. Pemberian jarak pada tanda kutip dan alamat url.

Contohnya adalah sebagai berikut : <a href=”http://www.webkamu.com “>kata kunci</a>

Tanda kutip atau titik dua diatas seharusnya menyatu atau bergabung dengan url, tapi link url diatas berpisah atau ada pemberian spasi. Bagi bot mesin pencari link diatas nilainya rendah. Jadi link yang benar adalah tanda kutip digabung menjadi satu dengan url tanpa spasi.

3. Dengan url yang sama tapi kata kuncinya selalu berbeda-beda dan tidak sesuai dengan title yang ada di web atau blog kamu.

Contonya seperti berikut ini : url http://www.webkamu.com dengan title web “belajar seo“. Kamu terkadang menaruh anchor text “belajar seo“, tapi kadang juga memberikan anchor text ke http://www.webkamu.com dengan anchor text “Belajar bisnis internet” yang tidak ada hubungannya dengan title web kita. Jadi untuk keyword “belajar bisnis internet” sangat sedikit sekali berpengaruh bagi mesin pencari. Meskipun bisa namun kemungkinan di halaman satu mesin pencari membutuhkan waktu yang sangat lama.

Mungkin itu saja tips yang bisa saya berikan untuk kali ini :D . Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua yang sedang mengoptimisasi web atau blog kalian. Selamat mencoba ;) .

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge