Manfaatkan Blogwalking Sebagai Sarana Anda Belajar

December 7, 2007 · Posted in Tips dan Trik 

Mungkin bagi anda suka jalan-jalan ke blog seleb (blog yang trafiknya gede) seringkali komentar terkadang hanya membaca judulnya saja atau baca separuh-separuh tanpa tahu apa yang dimaksud, apa yang tersirat, dan apa yang terkandung dari isi artikel tersebut. Saya sendiri dulu juga begitu. Tapi sekarang kebiasaan seperti itu sudah saya hilangkan sedikit demi sedikit. Yah sekarang saya belum berani komentar sebelum membaca artikelnya terlebih dahulu, kecuali ingin menyuarakan pertamax dulu baru baca 8-}. Tapi bagaimana menyikapi jika kita tidak tahu maksud dan istilah-istilah yang ada dalam artikel tersebut ?

Sebenarnya jika si empunya blog tadi menulis artikel sulit anda mengerti bahasanya atau bisa dikatakan mereka pake istilah bahasa tingkat tinggi sehingga anda dan saya yang newbie ini sulit mengerti, mending anda ninggalin comment dan bertanya pada si empunya blog tadi. Nah sekarang kita kembali kepada manfaat blogwalking. Blogwalking menurut saya adalah seperti kita jalan-jalan ke perpustakaan. Namun perpustakaan-perpustakaan tadi memang menyediakan buku-buku atau bacaan-bacaan yang berbeda. Ada yang bermanfaat untuk kelancaran bisnis anda, ada yang berisi tentang kisah-kisah inspirasi hidup untuk anda, berbicara tentang politik, atau ada yang sekedar untuk having fun atau bercerita kisah hidupnya. Namun dari semua bacaan-bacaan tadi jika kita pelajari dan mengambil hikmahnya pasti suatu saat nanti akan bermanfaat bagi kita.

Meskipun hikmah yang bisa kita ambil dari blog yang anda kunjungi tadi adalah hanya penulisan tanda bacanya dan paragrafnya sesuai dengan EYD yang benar, tapi hal itu bisa saja menjadi manfaat yang besar bagi anda. Jika anda adalah pengunjung setia dari saya yang masih jadul, sampai sekarang di weblog saya yang cukup baik menurut saya. Anda tentu tahu bagaimana beda tulisan-tulisan saya yang dulu dan sekarang. Tulisan saya yang dulu benar-benar sangat tidak sesuai EYD, tidak berparagraf, dan masih sangat jadul sekali :D. Karena tulisan yang super jelek itu saya sempat dikritik oleh teman-teman saya seperti Mas Kumpul, dan Mas Syaifudin Zuhri. Akhirnya saya liat-liat di blog-blog yang entah ramai pengunjung atau sepi pengunjungnya saya pelajari terus cara nulis yang baik.

Tapi mungkin sekarang blogwalkingnya bukan untuk itu kali yah. Sekarang lagi blogwalking belajar internet marketing, belajar bisnis affiliasi di internet, belajar seo dan belajar semua yang berhubungan dengan bisnis internet. Tapi tetap harus ingat belajar Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi karena mata pelajaran tersebut adalah pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional tahun 2008 nanti :P.

Nah kalo sudah tahu begini saran bagi anda adalah selalu blogwalking, belajar, membaca, cari ilmu baru dan ingat jangan hanya bisa comment atau punya pikiran mau spam comment. Soalnya nanti anda akan bernasib seperti saya. Oh ya siapapun anda, harap blogwalking daripada nanti anda dibilang bahwa blog seleb itu angkuh. Yang seleb angkuh sih masih ada yang dibanggakan tapi kalo newbie seperti saya angkuh kan lucu juga. Jadi udah saatnya saya jalan-jalan lagi . Jika ingin tahu jejak para pengunjung lebih baik anda pasang Mybloglog. Jadi saya dan kawan-kawan pecinta blog tanpa komen foto saya yang cantik bisa terpampang di web anda.

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge