Mengapa memilih bisnis online daripada menjadi karyawan ?

February 16, 2008 · Posted in Ulasan 

Keinginan tahu saya mengapa mas brokencode yang sudah menjadi manajer di salah satu perusahaan dengan gaji yang cukup besar menurut saya kok malah berhenti. Apa yang sebenarnya yang ada di benak mas brokencode ini. Saya jadi bingung .Akhirnya sore tadi kurang lebih jam 16.00 sampai jam 17.00 Wib akhirnya teka-teki itu terjawab juga. Saya yang sempat berbincang-bincang dengan mas brokencode yang memilih jadi pengangguran dan saat ini berada di jakarta untuk menemui orang penting dan sempat ketemuan sama mas pandi. Apa sih sebenarnya dibalik berhentinya mas brokencode ini dari pekerjaannya ? mari kita lihat sedikit wawancara saya dengan mas brokencode dibawah ini .

Awal mula wawancara ini kami berdua sedikit bersendau gurau. Mas brokencode yang awal mulanya saya sapa karena status di Yahoo Messenger-nya adalah “Sedang mampir ke warnetnya Pandi”. Langsung aja yuk liat cuplikan wawancaranya :

Bayu Mukti : Wah bos, ketemuan sama mas Pandi nih ;)).

BrokenCode : Iya mampir bentar ke warnet Pandi, dia grogi

Bayu Mukti : Walah, ya sama bos, mungkin kalo aq ketemu sama u, aku juga akan grogi kayak mas pandi. Hmmm……sekarang bisnis apa nih :-?

Broken Code : Bisnis anu aja deh.

Bayu Mukti : Wew, Berani jadi pengangguran harusnya bisnis internet heboh dong ;))

Broken Code : Iya, demi Anak Istri

Bayu Mukti : :hore: Lah tapi duitnya darimana dong bos ? Hmmm…..:-?

Broken Code : Kalo udah rejeki duit ga kemane.

Bayu Mukti : Wedew, bos wawancara dikit aja dong, biar beri semangat teman-teman yang lain dan juga saya sendiri :P.

Broken Code : Iya, Warnetnya Pandi lelet (weleh bener-bener ga nyambung nih si bos).

Bayu Mukti : Ya udah, Langsung kita mulai aja yah bos ;;). Apa sih yang menjadikan anda ini memilih menjadi pengangguran dan memilih terjun ke dunia Internet atau bisnis online ini ?

Broken Code : Saya lebih memilih memprioritaskan keluarga, karena memang mereka menuntut. Selain itu dunia Internet itu dunia tak terbatas, baik secara sosial dan finansial. Prospeknya masih terbuka luas, selama kita mau mempelajarinya.

Bayu Mukti : Nah, apa dengan bertumpu di bisnis online anda yakin bisa membiayai keluarga anda mas ?

Broken Code : Kita harus menggabungkan kekuatan di online dan offline lah. Di online kita punya kemampuan, di Offline kita punya relasi, jaringan, dan komunitas yang siap support. Bener ga cah ?

Bayu Mukti : Iyu, Bener mas (cuman bisa ngangguk-angguk) . Hmm……Kalo begitu mas broken sendiri masih punya bisnis offline juga gitu ?

Broken Code : Yup, baru mulai merintis. Ini bukan spekulasi, tapi optimisme. Bisnis ini sebenarnya udah lama di planning, kalo ga teriak sekarang kapan lagi ? atau kita diem aja dan ga akan pernah mulai. It’s Now or Never.

Bayu Mukti : Hmmm…..sebenarnya dulunya mas broken sendiri kerja sebagai apa ? kok keluar sih ? apa kurang gajinya ?

Broken Code : Kalo kurang gajinya jujur aja enggak. Tapi jam kerjanya itu loh. Berangkat pas anak-anak tidur dan pulang kerja anak-anak sudah tidur lagi. Kalo kayak gitu kapan waktu buat kasih sayang pada anak ? selain itu kasian juga istri.

Bayu Mukti : Kira-kira berapa jam tuh kerjanya ?

Broken Code : Kira-kira minimal 10 jam, belum bisnis sampingan tuh. Jadi saya tidur cuman 2-4 jam sehari.

Bayu Mukti : Lalu sekarang lagi bisnis apa nih mas ?

Broken Code : Adsense aja.

Bayu Mukti : Masak sih cuman adsense ?

Broken Code : Tapi prioritas saya jualan barang milik sendiri. Di Bali apa sih yang ga bisa dijual ? semua bisa dan perlu sentuhan orang-orang internet. Secara globalnya untuk pariwisata indonesia juga.

Bayu Mukti : Saran anda buat teman-teman sendiri apa nih mas ? pilih bisnis online atau bisnis offline ?

Broken Code : Saran saya sih gabungin antara keduanya. Be Your Self aja deh. Pokoknya gabungin kemampuan keduanya. Kalo bertumpu dari bisnis online saja pasti ada masanya. Eh cah udah dulu yah mau ketemu sama orang penting.

Bayu Mukti : Oke deh. Thank’s atas wawancaranya, semoga sukses selalu mas.

Itulah tadi cuplikan wawancara antara saya dan mas brokencode yang memilih untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya dan bergelut di bisnis online. Tapi ingat, mas brokencode tidak bertumpu pada bisnis online affiliate saja, beliau bisa sukses dengan bisnis jual beli produknya sendiri. Selain itu sepertinya mas brokencode ini bukan selamanya akan bergelut di bisnis online. Dari bau-baunya Planning Mas Brokencode sendiri sih, yang saya cium beliau ini mencari modal dahulu di online dan akhirnya beliau membuat perusahaan yang bergerak di online dan offline. Nah sekarang tinggal bagaimana anda ? mau bekerja di Online terus ? atau Offline ? atau bahkan kedua-duanya ? Kalo saran saya bekerja dimana pun anda, jaga kesehatan dan jangan lupa keluarga anda. Terutama anak anda, karena anak anda masih memerlukan kasih sayang seorang bapak, dan Istri anda juga butuh kasih sayang anda dari seorang suami. Up to You :asik::asik:. Jadi tidak ada istilah Bisnis Online Vs Bisnis Offline lagi yah. Semua bisnis itu menguntungkan jika kita fokus dan memiliki keahlian di bidang tersebut.

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge