Teknik Marketing Untuk Membangun Branding Blog Kamu

August 20, 2008 · Posted in Tips dan Trik 

Jika kamu seorang blogger yang baru buat sebuah blog. Mungkin kamu akan kebingungan dengan bagaimana mencari trafik, dapat komentar banyak apalagi membangun branding untuk blog kamu. Nah kalo masalah cara cepat mempopulerkan, meningkatkan trafik blog sepertinya hal itu udah pernah saya bahas deh. Nah setelah cara cepat mempopulerkan blog kamu terapkan, sekarang saatnya membangun sebuah branding untuk blog kamu. Mengapa hal ini perlu saya share ? Dikarenakan banyak blog yang ramenya dari search engine. Mengandalkan dari Search Engine memang tidak salah, tapi tidak semua orang setiap kali internet selalu memakai search engine untuk mencari sesuatu. Contohnya saja adalah anak-anak sekolahan yang sedang mencari sebuah profil Einstein. Daripada ia harus mencari profil einstein di google dan kesasar di website-website yang tidak jelas kebenarannya mereka pasti selalu lebih memilih http://id.wikipedia.org/ tanpa harus repot-repot mencari di google. Kok bisa begitu sih ? Ya itulah yang dinamakan branding. Tak beda halnya seperti friendster.com atau detik.com dan lain-lain. Pengunjung mereka dari search engine untuk saat ini mungkin lebih sedikit dari pengunjung yang langsung mengetik domain mereka sendiri tanpa harus cari-cari di Search engine lagi. Umpama saja mereka terpaksa lupa nama domainnya. Paling tidak di search engine pun mereka cari www.domain itu.com tanpa harus cari keyword-keyword lagi. Ini terjadi dikarenakan pengunjungnya sudah benar-benar jatuh cinta pada situs anda. Jadi mau makan teringat situsmu, mau mandi teringat domainmu, mau tidur teringat desainmu, teringat-teringat dan terus teringat. Inilah branding yang saya maksud. Tapi bagaimana cara membangunnya ?

Mungkin awal-awal membuat branding adalah sangat sulit. Tapi itu hanya prediksi kamu saja dan sebuah ketakutan yang ada dalam diri kamu. Yang perlu kamu siapkan sebelum launching branding kamu adalah mempersiapkan segala keistimewaan yang kamu tawarkan dalam situs yang kamu miliki. Jadi kamu boleh baca teknik seo, kamu boleh baca cara cepat mempopulerkan blog, kamu boleh baca cara nembak keyword dan praktek tekniknya. Tapi selama yang kamu tawarkan di blog kamu tidak berbobot dan kurang banyak diminati masyarakat, maka yang ada adalah selain blog sepi, pengunjung kamu pun tak berminat untuk mengingat-ngingat lagi alamat blog kamu.

Yang perlu disiapkan sebelum melaunching branding blog kamu adalah :

ILMU SEO + NEMBAK KEYWORD + ARTIKEL YANG BERKUALITAS DAN DIJAMIN KEBENARANNYA + BANYAK TEMAN

Nah sebelum ada yang protes karena di blog ini banyak artikel yang nyampah, memang begitulah awalnya blog ini cari jati dirinya. Jadi mohon maaf kalo keyword-keyword lendir berserakan disana-sini. Mau saya hapus tapi sepertinya tidak perlu deh :D . Itu sebagai simbol sejarah bagaimana seorang bocah mencari jati dirinya.

Artikel berkualitas itu yang bagaimana ? susah juga untuk menjabarkan hal ini. Pendapat saya tentang artikel berkualitas itu adalah artikel yang isinya sesuai dengan keywordnya. Biasanya di artikel itu orang-orang tidak ada yang protes dan ngamuk-ngamuk karena keliru masuk.

Nah saat ini kita akan bahas keuntungan banyak teman disaat anda awal mula ngeblog. Guna teman disaat kamu awal mula ngeblog adalah untuk support kamu dari belakang. Saat kamu terpuruk dengn earning yang tak kunjung datang, teman biasanya memberikan semangat dan pengertian (seperti teman saya dari 1 tahun lalu yaitu mas kumpul dan mas arhan). Selain itu, kalo sepi komentar di blog kamu. Biasanya seorang teman yang baik adalah selalu ngisi komentar bagaimana pun blog kamu itu. Mungkin itu saja tips trik kali ini. Mau cerita soal mbak adisty yang cantik dari citibank ahhhh. Tapi nanti dulu saja :D . Setelah pesan-pesan yang berikut ini :P .

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge