Tips Sukses Dalam Berjualan Di Internet

July 2, 2010 · Posted in Bisnis Internet, Tips dan Trik 

Sudah sekitar 2 bulan lamanya tidak menulis coretan-coretan di blog ini. Tidak tahu mengapa hari ini mood saya, jadi ingin mencoba mencoret-coret sesuatu yang mungkin akan berguna bagi kawan-kawan semua :D . Tulisan kali ini berhubungan dengan tips bisnis internet. Sebelum sharing tips ini pun, saya sudah mencobanya sendiri :D dan alhamdulillah berhasil. Setelah kurang lebih 3 bulan lamanya mencoba membuat sebuah toko baju online, alhamdulillah cara yang saya gunakan untuk berjualan online cukup manjur dan ampuh. Meskipun keuntungannya baru beberapa rupiah saja sehari, tapi paling tidak kalo untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja, saya kira sudah cukup :D .

Untuk sukses dalam berjualan online tidak sama caranya dengan berbisnis google adsense ataupun pay per click lainnya. Dikarenakan dalam berjualan tidak membutuhkan terlalu banyak pengunjung, tetapi yang diperlukan ialah memaksimalkan berapa pun pengunjungnya itu entah sedikit ato banyak, untuk membeli produk yang kita jual. Kalo dalam Pay Per Click (PPC) macam google adsense dan lain-lain, semakin banyak pengunjungnya, saya yakin akan semakin banyak pula yang kemungkinan mengeklik iklan yang kita pasang di blog kita. Saya punya beberapa tips bagi yang sedang berjualan di internet. Apa saja itu ? Yuk mari kita simak satu per satu

1. Buat tampilan toko online tersebut menarik dan juga membuat orang percaya jika belanja di toko online anda, barang yang mereka beli akan sampai ke tangan mereka.

2. Buatlah rekening bank yang kemungkinan banyak nasabahnya. Biasanya pembeli malas menstransfer jika akun bank yang mereka miliki berbeda dengan akun bank yang ada dalam toko online anda. Percaya atau tidak :D tapi itulah yang sering saya alami.

3. Gunakan kontak yang jelas meliputi Yahoo Messenger (ataupun layanan chatting online lainnya), no telpon, dan juga alamat dimana anda bisa dihubungi.

4. Layani semua pertanyaan entah itu dari yang serius mau beli ataupun tidak mau beli, secara ramah, cepat dan jelas.

5. Sediakan kotak testimonial atau tempat berkomentar dari para pembeli yang sudah menerima barang yang mereka beli dari toko online anda. Ini diperlukan agar para pembeli baru, percaya kepada anda, bahwa benar-benar toko anda mengirimkan barang-barang yang orang-orang beli di toko anda. Tidak dipungkiri, pertanyaan para pembeli apakah toko online yang kita miliki benar-benar akan mengirim barangnya atau tidak, seringkali dipertanyakan. Hal ini dikarenakan banyaknya penipuan secara online :) .

6. Sebisa mungkin jangan pernah kecewakan pembeli.

7. Datangkan pengunjung yang benar-benar sesuai dengan toko online anda. Jangan asal-asalan datangkan pengunjung, karena banyak pengunjung tapi kalo tingkat pembeliannya rendah percuma saja :D . Malah yang ada anda membuang-buang bandwith hosting anda. Nah untuk mendatangkan pengunjung ini diperlukan ilmu seo :D . Bagi yang belom bisa seo (search engine optimization) silakan baca postingan blog ini tentang belajar seo.

8. Jika seo tidak mampu, alternatif lainnya adalah dengan memasang iklan. Entah itu melalui adwords, ataupun pasang iklan banner di situs-situs yang banyak pengunjungnya. Tapi ini juga perlu diingat, bahwa pasang iklanpun jangan asal. Harus benar-benar disesuaikan dengan apa yang kita jual. Kita ga mungkin memasang iklan di situs Download mp3 sementara yang kita jual adalah baju dan pakaian :D .

Nah mungkin postingan kali ini hanya membagikan 8 tips sukses berjualan di internet :D . Kalo kurang silakan ditambah aja, kalo ada yang salah dan anda tidak setuju tolong dibenarkan. Semoga sukses ;)

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge