Tumbuhnya Blogger Seiring dengan Tumbuhnya Monetizing Blog

December 3, 2008 · Posted in Ulasan 

Disadari atau tidak bahwa blogger namanya mulai mencuat dan terus membumbung tinggi baik di dunia mbak maya maupun di dunia nyata dikarenakan karena adanya “monetizing blog“. Orang-orang mulai berbondong-bondong berdatangan untuk ngeblog, untuk mencoba peruntungannya di dunia maya ini dengan blog. Meskipun pada akhirnya orang-orang tahu kalau mencari uang dengan blog tidak mudah. Konsep serta anggapan bahwa “hanya buat blog, lalu dapat duit” dengan sendirinya senantiasa banyak melekat pada blogger-blogger baru. Tren EBook yang terus memasukkan ideologi tersebut, serta para internet marketing abal-abal inilah yang membuat orang-orang yang mengatas namakan blogger sejati merasa tersakiti. Blogger sejati yang katanya tidak suka mengeruk dollar internet ini, setelah saya teliti blognya ternyata juga dipenuhi iklan-iklan yang berjibun :haha:. Bahkan ada yang nyuruh saya ganti nama dari blogger kepada gober cuman karena seringnya saya monetize blog :haha:

Jujur atau tidak kalau menurut analisa saya yang berkecimpung dalam dunia blogger dan monetizing blog selama 2 tahun lebih, saya malah mau mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Cosa Aranda dan Forum Adsense ID yang turut membimbing serta mengenalkan saya kepada blogger sekaligus tukang monetizing blog. Meskipun saya jadi seperti sekarang ini dan masih terlalu banyak kekurangan saya disana-sini, tapi peran Cosa Aranda dalam menciptakan blogger-blogger baru di Indonesia tidak bisa dipungkiri. Mungkin kamu adalah seorang blogger yang terlahir karena adanya cosa aranda :P . Bukan karena adanya blogger-blogger yang mengatakan benci monetizing blog, tapi dia sendiri jualan barang di blognya =)):)):haha:

Kamu akan digolongkan pada blogger monetizing kalau dalam blog ada hal-hal berikut ini :

1. Bisnis PPC (Adsense, Adbrite, bidvertiser dll)

2. Bisnis Paid review (buyblogreview, reviewme, blogvertise dll)

3. Jualan Produk sendiri di blog (hosting, iklan, baju, jual beli barang bekas dll)

4. Pay per sale/ action, dan pay per lead (amazon, clickbooth, commision junction dll)

5. Dan Lain-lain yang bisa mendatangkan duit dari blog.

Menariknya blog dan inginnya orang ngeblog hampir bisa dikatakan mayoritas dan sebagian besar karena dengan ngeblog bisa menambahkan sedikit receh-receh pada kantong kita. Ya kalau blog cuman isinya curhat-curhat tanpa dapat uang pengganti sebagai biaya ngenet, saya kira ada, tapi jumlahnya bisa dikatakan sedikit sekali :P . Andai saja monetizing blog ga ada sama sekali, saya yakin blogger jumlahnya ga akan seperti sekarang ini :) . Jadi menyebar virus ngeblog pada masyarakat dengan media monetizing blog saya kira ga ada salahnya. Toh saya ga pernah ngajari ngeblog yang salah. Yang saya tekankan dalam setiap saya bicara adalah menghasilkan uang dari ngeblog memerlukan waktu yang bisa dikatakan lama. Selain itu,  untuk masalah monetizing blog tergantung kemampuan tiap masing-masing individu dalam memberikan informasi menarik dalam blognya. Semakin menarik informasinya, semakin besar kesempatan untuk bisa memonitize blog kamu :) . Di setiap tips berbisnis internet yang saya berikan juga selalu menekankan hal itu.

Kesimpulannya adalah banyaknya blogger saat ini dikarenakan juga makin banyaknya pilihan memonitize blog. Ada blogger yang suka dengan bisnis paid review, ada yang suka bisnis adsense, ada juga yang suka jualan barang di blog. Tergantung keahlian masing-masing pemilik blog saja :) . Mau memonetizing blog atau tidak itu terserah kamu :) , tapi kalo tidak mau memonitize blog kamu ya jangan menganggap orang-orang yang memonetize blognya itu salah. Toh kalau jalan berdampingan malah enak. Ga percaya ?? kalo lagi ada teman yang baru saja bayaran, kami komunitas blogger madiun saling traktir mentraktir dan makan-makan. Pemikiran sempit dan kebiasaan selalu menganggap dirinya punya pendapat paling benar inilah yang jadi masalahnya :P . Oke cukup sekian saja postingan dari saya. Sepertinya postingan ini sama kayak punya mas eko :D . Oh ya tolong jawab pertanyaan ini ya :P

Bagaimana pengalaman kamu saat pertama kali terjun dalam dunia blog ? Apa yang membuat kamu tertarik untuk ngeblog ? Apakah dengan kita memonetizing blog lalu kita bukan blogger ? Silakan berkomentar yah :)

Comments

Leave a Reply



CommentLuv badge